Thursday, October 05, 2006

Bawaan dari Indonesia

Kali ini bawaan dari Indonesia serba sedikit tapi sangat beragam, anehnya kok malah banyak yang terpaksa ditinggal, rasanya lebih komplit yang lalu deh....
Gak ngerti juga salah dimana ngeset kopernya, padahal baju juga gak banyak yang dibawa, sebagian malah ditinggal aja, buat apa juga dibawa toh tahun depan juga mudik lagi.
Padahal rasanya 5 koper tuh udah maximal banget dan timbangannya juga sudah pas dengan quota. Yang nitip aja aku tolak sebagian karena koper kami sudah penuh.
Sebaiknya memang gak nitip2 deh, karena kan masing2 punya kepentingan sendiri2 buat bawa keperluan jatah setahun, kalau ternyata masih ada lowong tempat sih gak papa tapi kalau kayak gini penuh banget ya mohon dimaafkan sajah. Kalau bener emergency sih masih bisa difikirkan sementara kalau cuman sekedar oleh2 aja isinya, wah paassss deh.....

Donut J-Co yang masih penasaran dengan ragam macam rasanya...
"Terpaksa" beli dan dibawa di koper yang isi lainnya berat jadi kan imbang aja, satu koper beratnya gak sampai 20 kg....
Belinya pagi harinya dan langsung masuk lemari es biar agak beku coklat lelehnya, lalu 1 jam kemudian dikemas dalam kotak plastik.


Bawanya memang agak tricky biar gak rusak, harus beli kotak yang besarnya pas dengan beberapa donut ini jadi gak rusak. Kotaknya yang merek lock lock itu yang paling lebar dan tipis. Bisa masuk 12 donut tumpuk 2.
Alasi dulu plastik antara ke2 donutnya biar nyampe rumah gak lengket satu sama lain.


Donut yang ini favourite kami selagi diJakarta, Tiramisu, keju, coklat luarnya dan coklat luar dalam, namanya emboh....
Belakangan yang almond juga enak dan yang coklat kacang juga asyik, hanya makan keduanya harus pake alas piring kue, kalau gak siap2 nyapu lantai....rewa amburadul.

Nah yang dipaing oke buat kami ya ini, Roti Boy, dan 4 macam donut ini, yang lain2 kok jadi gak terlalu fans, apalagi yang keju, lama2 eneg makannya....
Kalau yang coklat saya malah suka karena bitter choc, jadi gak terlalu manis, kalau topping selain ini kebanyakan too sweet... ntar aku jadi manis deh ah....*halah*

Ini rotiboy biar gak ada isinya yang macem2 cuman butter aja, tapi cukup enak, mungkin karena topping kopinya itu jadi sedep. Harumnya selagi anget2 dengan topping yang crunchy biasanya paling disukai orang. Tapi ya itu rewa juga rontok kalau pas toppingnya masih kranci. Makanya saya kok tetep lebih suka makan yang toppingnya melempem, tapi rotinya anget ? nah lho... Ya dinagetin di miceowave aja, kan anget , butternya leleh tapo toppingnya tetep memble, enak gak mrotoli, makannya zonder piring... praktis kan (atau males pake piring?).

Belanjaan dari Pasar Cikini, ada kolang kaling yang sudah saya masak diJakarta, bengkuang mini yang manis, kelengkeng yang lagi musim banget dan lagi murah, sebetulnya titipan kolega lokalnya mas di AD, aku gak gitu suka soale bikin batuk, jeruk limo, kencur, gandaria, dan daun melinjo dari kebun adikku.
Kolang kaling, bengkuang ama lengkeng termasuk yang berat, kalau kencur ama jeruk limo sih medium aja beratnya karena masing2 cuman bawa 1/2 kg.

Nah Angkak ini untung dibeli, waktu itu belinya di Kelapa Gading Mall disupermarket yang dilantai basement waktu jalan2 ama mbak Ine dan Nining.
Sempet terjadi huru hara diAD beberapa hari setelah kami tiba dan angkak ini jadi dewa penolong sejenak... tapi ternyata hanya salah labnya aja, untung gak terjadi hal hil deh, alhamdulillah.

Kalau yang ini asli oleh2 dari temen, Esti bawa ini waktu kopdaran di Bandung. Sebetulnya saya udah lihat nih kue bangket, mau beli ragu2 iya apa engga soale aku dari sejak kecil demen banget makan nih kue dan udah lama gak makan lagi, apa gak feeling so good Esti nih.
Kalau batagor goreng pernah denger tapi belum pernah makan, nah sekarang dibawakan, kan namanya rejeki banget deh, nah kalau gak dibawa itu namanya terlalu.

Nah muali deh kita buka oleh2 dari Solo, salah satunya ya bumbu cabuk rambak ini ( yang coklat muda), terbuat dari wijen putih dan kelapa sangrai kata mbak Ine, lalu yang hitam itu serem ya lihatnya, itu adalah bumbu pecel ndeso, yang terbuat dari wijen hitam dan...gak tau lagi ( gak sok tau ah), saking ke enakan waktu makan di Solo jadilah aku beli nih bumbu, masuk freezer dan dibawa ke AD.
Nah ini salah satu bawaan yang berat.

Ini juga bawan yang ringan dari Solo, serundeng , abon, petis sapi, brem, kremes ama kripik paru, semua ringan hanya butuh kotak untuk bawanya biar gak hancur....
Niatnya mau bawa lagi abon Varia, ama kripik parunya. Endang kalau bikin nasi kuning gak repot bikin. Kalau gak sempet ke Solo, ya minta Haley kirim aja dari Solo....


Kan terlalu, kertas jerami inipun ngikut ke AD, belinya diSolo, kata mbak Ine berguna untuk nyerap gorengan, ya ngikut aja belinya. Belum dipake hingga saat ini, tapi apling engga demen deh lihat nih kertas, jadul banget dan dikota besar udah punah...


Klengkam atau keringkentang ala Solo, yang manisnya aduh deh, tapi enak, manis pedes, beli 2 ini nyesel deh kok cuman 2...salah satu alternatif buat dibeli lagi kalau mudik, mayan buat lauk kalau lagi males masak.


Paru keripik dan klengkam ini kudu dipesen ama wong Solo kalau gak sempet ke Solo, bener2 sedep dan praktis buat lauk kalau kepepet. Sebetulnya waktu di Bontang kalau ada teman ke Solo selalu saya dapet oleh2 ini dan abonnya, tapi waktu itu gak ngeh, malah salah satu oleh2nya teman ini saya sempatkan bawa ke AD waktu pindah. Baru ketika saya beli di Solo, inget lho ini tho yang suka dioleh2in ama teman waktu itu. Inget aku suka dikasih ama Widya yang sekarang pindah ke Qatar dan Dewi kalau pas mudik ke mertuanya di Solo.

Nah kalau yang ini bawaan dari Solo yang ringan tapi kudu, teh dua macam ini heboh banget, yang satu wanginya dan yang lainnya hitam nya jadi kalau mau pas kudu di mx dulu baru disendokin ke jar teh kita, rasanya mantap bung.....

Mulai deh oleh2 eh bawaan dari Bontang. Pesen ama Naha pembantuku waktu disana, buatin bawang goreng, juga pesen untuk gorengin ikan asin gabus. Biar nyampe di AD udah gak usah digoreng lagi, bau kan rumahnya ntar....
Juga beli beberapa bumbu bubuk, karena gak ada tempat lagi ya dimasukkin ke kotak ikan asin, tau deh bumbunya bau ikan asin apa engga, males juga bawa ikan asin banyak2 segini aja kali jatah setahun, bisa disimpan di freezer...(jangan liat isi freezerku tapine).
Naaaa ini yang amat sangat berat sebetulnya, bumbu pecelnya mbak Lah di Bontang, mau gak dibawa gak enak soale butuh. Kalau bumbu pecel gini enak kalau punya yang udah jadi. Mana buatannya mbak Lah ini endang banget lagi, ya berat2 juga dibawa aja, sebesar ini ada kali 2 kg sih...


Kue2 dari Solo dan buatan Uchi Depok. Sayang juga mau ditinggal soale selama diJakarta kagak sempet makan padahal teman2 cerita kalau enak nih kue buatannya Orion dan terkenal di Solo.

Tradaaaa, ini kue mandarinnya, kayak lapis Surabaya ya ? tapi teksturnya agak kasar deh kalau aku bilang, gak selembut mandarin nya toko di Malang, aduh apa ya namanya....? tanya dulu ah sama temen yang di Malang.
*Katanya teman ( abis sms neh): nama tokonya Hana di Malang.*

Ini bolu gulungnya, juga serupa agak kasar teksturnya , dan agak kering, sayang juga, kayaknya enakan dibikin alasnya ager2 aja, daripada dimakan gitu aja, kurang oke kalau buat saya sih.
Buatannya Uchi Depok , kebetulan dititipkan lewat mamiku waktu mami kemarin mampir TA, dan rasanya emang enak, nah ini baru bolu gulung, halus teksturnya dan gak seret dileher.
Bravo Uchi, lain kali pesen lagi ...

Macam2 belanjaan, kelengkeng hitamnya terpaksa ditinggal aja diJakarta, gak kebawa, juga di AD. Tapi yang penting kayak petis udang Ny siok terbawa, 2 macam petis oleh2nya Liyah Surabaya juga terbawa, petis lading ama petis udang Sidoarjo lho, sayang banget kalau gak dibawa kan ?
Juga itu salepnya kue, alias apa ya SP ? atau Quick ? embuhlah pokoke salep buat bikin kue.
Ragi tape, gak boleh lupa aku beli 10 bungkus, lalu potol2 itu isinya essence vanilla dan keju, dikasih ama Riva yang kerja di pabrik essence.
Onion slicer biar cepet rusak juga biarin aja, asal punya deh kalau engga repot motong bawang bener2 bisa tangis bombay eh tangis bawang.
Lalu itu cetakan jelly hasil kompor mbledugnya mbak Ine....

Cetakan telur burung puyuh, bisa buat agar2 atau jelly bisa juga buat coklat paskah, pokoke asyik banget deh punya ini. Ungunt juga dikomporin mbak Ine buat beli ini di....Surabaya.
Makasih ya Liyah....

Cetakan serba guna, buat nasi kotak buat kue buat ager2.... biasa hasil komporannya mbak Ine juga, tapi asli bagus banget.....

Sama komporan mbak Ine, tapine memang worthed dibeli, pesannya di pasar ikan, Jakarta Utara. Dimananya, jangan tanya hamba, hamba cuman ikutan pesan dan "bunuh2an" ama mbak Ine....
Herankan kenapa bunuh2an... nah lihat deh postinganku di Solo....


Back to : Mudik 2006

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home